Rabu, 07 Desember 2011

baju jumputan ikka :D

awal-awalnya aku bingung di suruh buat baju jumputan oleh guru seni aku. apa sihh jumputan itu??? berkali-kali aku bertanya dengan guruku bagaimana cara membuat baju jumputan. sampe-sampe di ejek temen OON aku, hahahaahaha

ngak bisa kalo nggak tanya secara detail nihh soalnya baju jumputan itu nilai praktek seni budayya, kalo jelek dan gagal bersangkutan dengan nilai  :D

tapi setelah aku praktekan buat baju jumputan ternyata cara membuatnya mudah dan bikin aku pengen buat lagii,
ini ni bahan-bahan yang harus di siapkan jika ingin membuat baju jumputan :
v     Garam
v     Wantex
v     Sirih
v     Air 2 liter
v     Tali raffia
v     Jarum jahit ukuran besar
v     Baju kaos

Cara membuatnya :
o       Gambar pola yang diinginkan diatas baju. Bila tidak ingin buat pola gambar, bisa buat pola dari uang koin
o       Jelujur/jahit pola yang di gambar di atas baju, jahit menggunakan jarum dan menggunakan tali raffia untuk menjahitnya. Bentuk jelujur mengikuti pola yang telah di buat
o       Setelah proses jelujur/jahit selesai barulah ikat tali kencang-kencang sampai membentuk bulatan
o       Pola yang sudah diikat kencang, diikat lagi menggunakan tali raffia dan di bungkus pake kantong plastik, agar warna dasar tidak masuk ke dalam pola yang ingin di beri warna yang berbeda.
o       Didihkan air sebanyak 1 liter, lalu masukan sirih, garam, dan 1 buah wantex
o       Setelah mendidih masukkan baju yang ingin diberi warna dasar, aduk-aduh dan rendam sampai 30 menit
o       Setelah proses pewarnaan dasar selesai, angkat baju jumputan dan langsung rendam ke dalam air es agar warna wantexnya tidak luntur ketika di pakai
o       Setelah itu jemur baju yang sudah di masukkan ke dalam air es di tempat yang sejuk, dan tidak boleh di jemur di bawah sinar matahari langsung :D
o       Setelah kering, barulah buka pola yang diikat menggunakan tali fafia, jika ingin mewarnaii pola yang ukurannya kecil bisa di celupkan saja ke dalam rendaman air wantex yang panas. Setelah pola yang diikat menggunakan tali itu di buka maka bentuknya sedikit meluber di luar gambar pola yang anda buat. Cantkk kan :D

Nahh itulah cara dan bahan membuat baju jumputan yang saya ketahuiii, selamat mencoba teman-temann :D

Ini niii baju jumputan punya saya J



yang biru menggunakan uang logam untuk polanya, yang merah polanya di gambar :D




     

0 komentar:

Posting Komentar

 

warna-warni ikka | Designed by www.rindastemplates.com | Layout by Digi Scrap Kits | Author by Your Name :)